Thursday, February 14, 2019

Gerak Benda

Gerak Benda

Gerak benda adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal.
Benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati 

A. Cara Benda Bergerak

      Coba perhatikan saat kamu main bola. Kamu menendang dan melempar bola. Akibatnya bola itu bergerak. Jarum jam dinding juga bergerak. Akibatnya letak jarum jam berpindah. Gerak suatu benda mengakibatkan posisinya berpindah. Perhatikan gambar di bawah ini.
a) Jarum jam yang bergerak, dan b) mobil bergerak di jalan raya

     Apakah cara bergerak semua benda sama? Setiap benda bergerak dengan cara berbeda. Ada yang berputar, menggelinding, jatuh, memantul, dan mengalir.

1. Gerak Berputar
      Bagaimana cara bergerak baling-baling kipas angin? Balingbaling kipas bergerak dengan berputar. Gerak berputar merupakan gerak mengelilingi pusat tertentu.
      Gerak jarum jam juga berputar. Gerak baling-baling helikopter juga berputar. Baling-baling helikopter berputar sangat kencang. Akibatnya pesawat dapat terbang. Marilah kita lakukan percobaan berikut ini.

2. Gerak Menggelinding
       Gerak menggelinding hampir mirip dengan gerak berputar. Benda menggelinding juga mengalami gerak berputar. Perbedaannya benda yang menggelinding mengalami perpindahan tempat. Sedangkan benda yang berputar tempatnya tetap. Gerak menggelinding merupakan gerak berputar sambil berguling. Mari kita lakukan percobaan berikut.
       Tidak semua benda dapat menggelinding. Benda berbentuk bulat lebih mudah menggelinding. Contohnya bola lebih mudah menggelinding daripada buku.

3. Gerak Jatuh
Gerak jatuh dari penerjun payung

       Coba lemparkan karet penghapusmu ke atas. Apakah karet penghapusmu akan tetap melayang di udara? Atau karet penghapus tersebut akan turun? Karet penghapus tersebut akan turun ke bawah. Gerakan ini disebut gerak jatuh. Gerak jatuh terjadi karena benda ditarik gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi juga disebut gaya tarik bumi. Arah gaya tarik bumi menuju pusat bumi.

4. Gerak Memantul
Permainan tenis meja.

         Gerak memantul terjadi setelah benda membentur sesuatu. Misalnya bola memantul setelah membentur lantai lapangan. Saat bola menuju ke lantai, bola bergerak jatuh. Setelah bola membentur lantai bola naik kembali.

      Olahraga tenis meja memanfaatkan gerak memantul. Perhatikan gambar di samping. Coba lakukan percobaan di bawah ini. 

      Bola dapat mengalami gerak memantul. Begitu juga karet penghapus. Benda dari bahan karet dapat memantul. Gerak memantul bola lebih beraturan dibanding karet penghapus. Hal ini karena bentuk bola bundar. Buku tidak dapat memantul. Karena buku terbuat dari bahan kertas. Jadi, tidak semua benda dapat memantul.

5. Gerak Mengalir
      Coba tuang air ke dalam gelas. Saat itulah air bergerak mengalir. Air mengalir ke dalam gelas. Bagaimana saat minum air dari gelas? Air mengalir dari gelas ke mulut kita.
      Zat cair bersifat dapat mengalir. Contoh zat cair adalah air. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Adakah benda lain yang dapat mengalir? Ya, tentu ada. Udara juga dapat mengalir. Udara yang mengalir disebut angin.

B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda

       Bentuk benda memengaruhi gerak benda. Benda berbentuk lingkaran lebih mudah menggelinding. Benda berbentuk segitiga lebih sulit menggelinding. Begitu juga dengan benda berbentuk segiempat. Bagaimana seandainya roda mobil berbentuk segitiga? Apa yang akan terjadi? Ya benar. Mobil akan sulit bergerak. Oleh karena itu roda mobil dan semua kendaraan berbentuk lingkaran. Dengan demikian kendaraan dapat mudah berjalan. Jadi bentuk benda memengaruhi gerak benda.

      Bagaimana jika dua benda berbeda ukuran dijatuhkan? Apakah kedua benda sampai di lantai bersamaan? Semakin luas permukaan benda, semakin besar hambatan udaranya. Contohnya menjatuhkan selembar kertas dengan sebutir kelereng. Kelereng akan sampai di lantai terlebih dahulu. Hal ini karena luas permukaan kelereng lebih kecil. Sayap pesawat udara dibuat melebar dan tipis. Dengan demikian pesawat dapat terbang dengan leluasa. Sebaliknya, moncong pesawat terbang dibuat meruncing. Tujuannya memperkecil hambatan udara. Dan pesawat dapat melesat cepat di angkasa.
Sayap pesawat udara yang lebar dan tipis
      Kelereng meluncur pada meja tidak berpasir lebih jauh. Jadi permukaan lintasan memengaruhi gerak benda. Permukaan lintasan yang kasar cenderung menghambat gerak benda. Coba perhatikan laju mobil. Mobil mudah melaju di jalan beraspal dan datar. Sebaliknya mobil sulit melaju di jalan belum beraspal.

Jadi gerak suatu benda dipengaruhi oleh: 
1. bentuk benda, 
2. luas permukaan benda, dan 
3. bentuk permukaan lintasan yang dilalui benda.

Hal Berikutnya Contoh Soal Bab ini (BAB 7)

0 comments:

Post a Comment