Thursday, February 14, 2019

Proyek Sains

A. Mengubah Energi Angin Menjadi Energi Gerak

      Energi angin dapat diubah menjadi energi gerak. Pernahkah kamu melihat kincir angin? Kali ini kita akan membuat kincir angin. Kincir angin digerakkan oleh angin. Kincir angin dapat dimanfaatkan sebagai penggerak dinamo. Dinamo ini menghasilkan energi listrik. Energi listrik disalurkan ke rumah-rumah. Energi listrik digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik. Contohnya lampu listrik, televisi, dan radio.

      Angin adalah udara yang bergerak. Gerakan angin memutar baling-baling kincir angin. Semakin kencang angin semakin cepat pula kincir berputar. Pada PLTA, kincir angin dihubungkan dengan dinamo. Gerakan kincir angin membuat dinamo berputar. Putaran dinamo menghasilkan energi listrik. Kincir angin dapat terus berputar sepanjang waktu. Kincir angin harus ditempatkan di daerah tinggi dan berangin kencang.

B. Mengubah Energi Air Menjadi Energi Gerak

      Kali ini kita akan membuat kincir air. Kincir air digerakkan oleh air. Kincir air dimanfaatkan sebagai penggerak generator. Generator dapat menghasilkan energi listrik. Mari kita membuat kincir air.

HAL berikutnya Yaitu Latihan Soal Tentang BAB ini 

0 comments:

Post a Comment