Thursday, February 14, 2019

Sifat Benda

A. Mengenal Sifat Benda di Sekitar Kita

        Bentuk pensil bulat dan memanjang. Bentuk kertas rata dan mendatar. Bentuk pensil seperti itu agar mudah dipegang. Bentuk buku tidak sama pensil. Buku untuk menulis di atasnya. Buku juga dibaca tulisan di atasnya. Jadi bentuk buku dibuat rata dan mendatar. 

Benda memiliki sifat berbeda-beda. Sifat-sifat benda antara lain:
1. Kekerasan Benda
         Ada benda yang mudah diubah bentuknya. Ada juga benda yang sulit diubah bentuknya. Ini disebabkan perbedaan kekerasan benda tersebut.
        Perhatikan benda-benda di sekitarmu. Plastisin adalah benda yang lunak. Plastisin dapat dipotong dengan penggaris. Kertas tidak dapat dipotong dengan penggaris. Akan tetapi kertas dapat dipotong dengan gunting. Batu adalah benda yang lebih keras. Batu tidak dapat dipotong dengan gunting.

2. Kekasaran Benda
         Coba raba buku tulismu. Bagaimana rasanya? Permukaan buku tulis halus. Sekarang coba raba sol sepatumu. Rasanya sangat kasar bukan? Jika sepatumu halus kamu akan mudah terpeleset.
          Permukaan benda memiliki kekasaran yang berbeda-beda. Kekasaran permukaan benda disesuaikan dengan fungsinya. Jalan raya dibuat kasar agar penggunanya tidak mudah tergelincir. Bola sepak halus agar tidak melukai saat ditangkap.

3. Wujud Benda
          Wujud benda ada tiga. Ada benda cair, padat, dan gas. Contoh benda cair adalah air, susu, dan minyak. Contoh benda padat adalah pensil dan batu. Adapun contoh benda gas adalah udara.

Hal Berikutnya Sifat Benda Padat, Sifat Benda Cair dan Sifat Benda Gas

1 comment:

  1. Titanium Earrings - Titanium-ART
    Custom titanium vs ceramic flat iron crafted titanium stud titanium white earrings with ford ecosport titanium unique features for the earring. Shop our Titanium-ART powerbook g4 titanium design titanium pan here.

    ReplyDelete