Thursday, February 14, 2019

Sifat Benda Padat

B. Sifat Benda Padat

        Contoh benda padat adalah alat tulismu. Bagaimana sifat benda padat itu? Coba ambil pensilmu. Letakkan di meja. Amati bentuk dan ukuran pensil tersebut. Kemudian letakkan pensil tersebut di tasmu. Amati bentuk dan ukuran pensil kembali. Apakah bentuk dan ukuran pensil berubah? Bentuk pensil saat di meja dan di tas sama. Ukuran pensil saat di meja dan di tas sama. Jadi bentuk dan ukuran benda padat tetap. Meskipun benda padat dipindahkan tempatnya.

C. Sifat Benda Cair

       Benda cair banyak kita temukan di sekitar kita. Contohnya minyak goreng, kecap, sirop, dan air. Bagaimana sifat benda-benda cair tersebut? Mari kita lakukan percobaan ini untuk menjawabnya.
       Air dalam gelas bentuknya seperti gelas. Air dalam mangkuk, bentuknya seperti mangkuk. Air dalam botol kaca bentuknya seperti botol kaca. Bentuk air mengikuti bentuk wadahnya. Jadi bentuk zat cair mengikuti wadahnya. Perhatikan gambar di samping.
       Kamu tidak bisa menggenggam air. Hal ini karena air bersifat mudah mengalir. Jadi, benda cair dapat mengalir.

D. Sifat Benda Gas

      Benda gas tidak mudah dilihat. Contoh benda gas adalah uap air, udara, dan angin. Perhatikan saat ibumu merebus air. Saat mendidih maka terlihat uap air. Uap air ini mengepul di atas panci. Saat mendidih air berubah wujud menjadi gas.
     Benda gas dapat kita rasakan keberadaannya. Akan tetapi tidak semua benda gas dapat dilihat. Bagaimana sifatsifat benda gas?
   
      Benda gas bersifat mengisi semua ruang yang ditempatinya. Bentuk benda gas berubah-ubah sesuai tempatnya.

Hal Berikunya Latihan Soal Materi Bab ini 

0 comments:

Post a Comment