Thursday, February 14, 2019

Energi dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi adalah Kemampuan melakukan kerja. 
     Kamu belajar membutuhkan energi. Kamu bermain juga membutuhkan energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Apakah bentuk-bentuk energi itu?

A. Berbagai Macam Energi dan Pengaruhnya

         Ada berbagai macam energi. Contohnya energi panas, gerak, bunyi, listrik, dan kimia. Mari kita pelajari satu demi satu energi tersebut.

1. Energi Panas
         Panas merupakan bentuk energi. Energi panas dapat dihasilkan dari api. Tangan kita akan terasa sakit jika tersentuh api. Api juga dapat membakar kertas. Kertas terbakar menjadi abu.
         Energi panas sangat berguna bagi kita. Energi panas dapat dihasilkan oleh bahan bakar. Contohnya batu bara, gas, minyak, dan kayu. Energi panas digunakan untuk menggerakkan alat transportasi. Contohnya mobil, pesawat terbang, kereta api, dan kapal.
         Matahari juga menghasilkan energi panas. Ibu mencuci pakaian. Kemudian ibu menjemurnya di luar rumah. Panas matahari mengeringkan cucian yang basah. Matahari adalah sumber energi panas.
         Energi panas sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana jika tidak ada energi panas? Mobil tidak bisa berjalan. Demikian juga kereta api dan pesawat. Jika kita ingin bepergian harus berjalan kaki. Ini tentu akan menyusahkan kita. Kita juga tidak dapat segera mengeringkan cucian. Petani tidak bisa mengeringkan padi. Pembuat kerupuk tidak dapat mengeringkan kerupuknya. Jadi begitu besar pengaruh energi panas.

2. Energi Gerak
         Aliran air memindahkan daun mengikuti arah alirannya. Daun bergerak. Penyebabnya dorongan dari aliran air di bawahnya. Jadi air yang mengalir memiliki energi. Energi ini disebut energi gerak.
         Energi gerak mudah kita temukan. Contohnya kipas angin, dan blender yang sedang digunakan. Aliran air merupakan energi gerak alami. Begitu juga dengan angin. Angin adalah udara yang bergerak. Dedaunan bergerak ketika tertiup angin.

3. Energi Bunyi
       Energi oleh bunyi disebut energi bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Contohnya saat senar gitar dipetik. Senar gitar menjadi bergetar. Getaran itu menghasilkan bunyi. Seperti juga kecapi dan kendang. Suara kendang berasal dari getaran kulit kendang. Masih ada benda lainnya yang menghasilkan bunyi. Contohnya peluit dan lonceng. Jadi getaran akan menghasilkan bunyi.
Peluit dapat menghasilkan bunyi.
      Pengaruh energi bunyi dapat kita rasakan. Kita dapat mendengar bunyi. Bunyi alat musik dapat menghibur kita. Bunyi lonceng sekolah sebagai tanda masuk kelas. Suara juga merupakan bunyi. Kita dapat mendengar suara teman kita.

4. Energi Listrik
Mesin dijalankan dengan energi listrik.
      Energi listrik sebagai sumber energi. Energi listrik banyak dimanfaatkan dalam kehidupan. Contohnya untuk menjalankan mesin di pabrik. Energi listrik juga digunakan dalam peralatan rumah tangga. Contohnya kipas angin, setrika, dan lampu. Lampu listrik menyala karena energi listrik. Setrika listrik menjadi panas karena energi listrik.

5. Energi Kimia

        Energi kimia tersimpan dalam bahan kimia. Energi dalam tubuh kita juga energi kimia. Energi ini berasal dari bahan kimia alami. Bahan tersebut adalah makanan. Ada beberapa benda yang menyimpan energi kimia. Contohya batu baterai dan accu (aki). Baterai digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan. Contohnya jam dinding, mobil mainan, dan hand phone.

HAL berikutnya B. Sumber Energi dan Kegunaannya

0 comments:

Post a Comment