Sunday, March 3, 2019

Sumber Daya Alam

Pemanfaatan  Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.

A. Pemanfaatan Sumber Daya Alam
      Semua benda dan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sumber daya alam (SDA). Contohnya tumbuhan, hewan, dan benda tak hidup.

1. SDA dari Tumbuhan

     Tumbuhan memiliki banyak manfaat. Manusia mengembangbiakkan tumbuhan di lahan pertanian. Tumbuhan sebagai sumber bahan makanan. Misalnya nasi, sayur-mayur, dan buah-buahan. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia.

      Tumbuhan juga dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Misalnya kayu jati untuk membuat pintu rumah. Manfaat kayu lainnya untuk membuat meja, kursi, lemari, dan rak buku.

      Kertas dibuat dari bubur kayu. Pensil juga dibuat dari kayu. Baju ditenun dari benang. Benang berasal dari tumbuhan kapas. Minyak goreng juga dihasilkan dari tumbuhan. Minyak goreng diproduksi dari kelapa sawit. Teh yang biasa kita buat minuman berasal dari daun teh yang dikeringkan. Tumbuhan juga dimanfaatkan untuk obat. Contohnya wortel untuk obat mata rabun.

2. SDA dari Hewan

      Manusia memanfaatkan hewan sebagai sumber makanan. Hewan juga dimanfaatkan sebagai bahan pakaian dan perhiasan. Beberapa hewan dapat kita peroleh langsung dari alam. Ikan laut diambil langsung oleh nelayan dari laut. Nelayan tidak perlu memelihara ikan tersebut.

       Ada juga hewan yang diternakkan. Contohnya ayam, kambing, sapi, dan ikan tawar. Kita memanfaatkannya sebagai sumber makanan. Contohnya daging, telur, dan susu. Kita juga memanfaatkan kulitnya untuk bahan jaket, sepatu, dan tas. Contohnya kulit kambing dan sapi.

       Masih banyak hewan yang dapat dimanfaatkan. Contohnya ulat sutra, domba, dan kerang. Ulat sutra menghasilkan kain sutra. Domba diambil kulitnya sebagai bahan kain wol. Kerang dapat menghasilkan mutiara. Mutiara dibuat perhiasan. Contohnya kalung dan gelang.

       
       Hewan juga dimanfaatkan tenaganya oleh manusia. Kuda dan sapi digunakan untuk menarik delman atau kereta kuda. Para petani di pedesaan memanfaatkan tenaga kerbau dan sapi untuk membajak sawah.

3. SDA dari Benda Tidak Hidup

      Di sekitar kita banyak terdapat benda tidak hidup. Contohnya air, tanah, dan bahan mineral. Air untuk minum, mencuci dan mandi. Air yang mengalir deras untuk membangkitkan energi listrik. Aliran air sungai berguna untuk sarana transportasi. Contohnya perahu dan rakit.

     Tanah untuk bercocok tanam. Tanah dapat ditanami padi, jagung, teh, dan pepohonan.

      Bahan mineral diperoleh dengan penambangan. Contoh bahan mineral adalah batuan dan bahan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat, dan semen. Contoh bahan tambang adalah batu bara, minyak bumi, emas, dan besi. Bahan mineral banyak manfaatnya. Besi untuk membuat kerangka rumah dan kendaraan. Rumah kita dibangun dengan batu bata, pasir, semen dan genting. Batu bata dan genting dibuat dari tanah liat. Pasir dan semen ditambang dari alam.

      Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar. Contohnya minyak tanah, bensin, solar, dan avtur. Minyak tanah digunakan untuk menyalakan kompor minyak. Bensin dan solar untuk menggerakkan sepeda motor dan mobil. Avtur untuk menggerakkan pesawat terbang.

B. Melestarikan Alam

     Mengapa kita harus melestarikan alam? Kelestarian alam memengaruhi kesejahteraan manusia. Contohnya jika hutan rusak maka manusia yang rugi. Pepohonan tidak ada. Hewan tidak ada. Saat musim kemarau udara terasa panas. Jika musim hujan menimbulkan banjir. Oleh karenanya kita harus melestarikan alam.
    Berikut ini cara-cara melestarikan alam.
1. Tidak menggunakan racun atau bahan peledak untuk menangkap ikan. 
Tindakan ini dapat membunuh semua ikan. Ikan-ikan kecil juga ikut mati. Ikan tidak dapat berkembang biak. Akibatnya ikan akan habis atau punah. 
2. Tidak membuang limbah ke sungai. 
Limbah mengandung bahan beracun. Limbah dapat mengotori air sungai. Akibatnya makhluk hidup di sungai mati. 
3. Tidak membuang sampah sembarangan. 
Kita harus membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang tidak teruraikan dapat mengotori tanah. Contohnya plastik. Akibatnya mengurangi kesuburan tanah. 
4. Tidak menebang habis pohon di hutan. 
Menebang pohon di hutan tidak boleh sembarangan. Pilihlah pohon yang sudah cukup usia. Kemudian kita harus menanam kembali pohon baru. Dengan demikian hutan tidak menjadi gundul. Hutan gundul merugikan kita sendiri. Saat musim hujan timbul banjir dan longsor. Saat musim kemarau udara panas.

Hal Berikutnya Latihan BAB ini (SD kelas 3 BAB 11) 

0 comments:

Post a Comment