Bilangan yaitu suatu konsep dalam ilmu matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran ( suatu
sebutan untuk menyatakan jumlah atau banyaknya sesuatu)
Materi Bilangan Untuk Anak SD kelas 3
Bilangan Meliputi
1. Mengurutkan dan
menentukan letak
bilangan pada
garis bilangan
2. Melakukan operasi
hitung
penjumlahan dan
pengurangan
3. Operasi hitung
perkalian dan
pembagian
4. Perhitungan yang
berkaitan dengan
uang
Mama membeli Tiga ikat rambutan.
Satu ikatan Sepuluh buah rambutan .
Mama
membagi rambutan itu pada ketiga anaknya sama banyak.
Dapatkah kamu menghitung
jumlah rambutan masing-masing anak?
Untuk menghitungnya, mari kita mempelajari
bilangan dan operasi hitungnya.
1. MENGURUTKAN DAN MENENTUKAN LETAK BILANGAN PADA GARIS BILANGAN
Garis bilangan dalam matematika dasar adalah suatu
gambar garis lurus di mana setiap titiknya diasumsikan melambangkan suatu
bilangan real dan setiap bilangan real merujuk pada satu titik
tertentu.Seringkali bilangan bulat ditunjukkan dengan lambang titik-titik
tertentu yang berjarak sama di sepanjang garis ini.
Garis bilangan adalah garis yang berisi bilangan. Bilangan ini
diurutkan dengan teratur. Bilangan yang lebih besar diletakkan di
sebelah kanan. Bagaimana bentuk garis blangan itu? Mari kita
ikuti penjelasan berikut.
a. Garis Bilangan
Garis bilangan di bawah ini mulai dari nol.
Garis bilangan di bawah ini mulai dari nol, dan meloncat dua-dua.
Garis bilangan di bawah ini mulai dari satu dan meloncat dua-dua.
Garis bilangan di bawah ini mulai dari tiga dan meloncat dua-dua.
Garis bilangan harus memenuhi ketentuan berikut:
1. Adanya bilangan yang berurut.
2. Urutan bilangan teratur dengan jarak yang sama.
Pelatihan 1
1. Ayo kita beri tanda P untuk garis bilangan dan tanda O untuk
yang bukan garis bilangan! Kerjakan pada buku tugasmu!
2. Ayo, kita lengkapi garis bilangan berikut! Kerjakan pada buku
tugasmu!
b. Mengenal Pola Bilangan atau Membilang Loncat
Sekarang kamu sudah mengenal garis bilangan. Jika kamu
menambah suatu angka secara berulang pada garis bilangan,
apa yang terjadi? Garis bilangan itu akan membentuk barisan bilangan yang mempunyai pola.
Agar kamu memahaminya, perhatikan garis bilangan berikut!
Garis bilangan di atas menunjukkan penambahan berulang.
Penambahan berulang itu ditunjukkan dengan loncatan.
Ayo, kita pelajari loncatannya!
Loncatan ke-1 : dari 0 meloncat ke kanan 3 satuan menuju angka 3.
Loncatan ke-2 : dari 3 meloncat ke kanan 3 satuan menuju angka 6.
Loncatan ke-3 : dari 6 meloncat ke kanan 3 satuan menuju angka 9.
Loncatan ke-4 : dari 9 meloncat ke kanan 3 satuan menuju angka 12.
Jadi, kita dapat simpulkan bahwa:
Polanya:
Membilang loncat ke kanan tiga-tiga.
Barisan bilangan yang terbentuk:
0, 3, 6, 9,12
Mari, kita perhatikan contoh berikut!
Contoh 1
Polanya: membilang loncat ke kanan empat-empat dari 2
Barisan bilangan yang terbentuk: 2, 6, 10, 14, 18, 22
Polanya: membilang loncat ke kanan lima-lima dari 4.
Barisan bilangan yang terbentuk: 4, 9, 14, 19, 24, …
Agar lebih memahami garis bilangan, mari kita kerjakan
Contoh 2 berikut!
Contoh 2
Ayo, kita lengkapi garis bilangan berikut! Kerjakan pada buku
tugasmu!
1. Isilah titik-titik berikut dengan angka yang tepat!
2. Ayo tentukan pola garis bilangan berikut! Kerjakan pada buku
tugasmu!
3. Buatlah garis bilangan dengan pola berikut!
a. Membilang loncat ke kanan enam-enam dari 0
b. Membilang loncat ke kanan delapan-delapan dari 0
c. Membilang loncat ke kanan lima-lima dari 20
d. Membilang loncat ke kanan tujuh-tujuh dari 42
e. Membilang loncat ke kanan sepuluh-sepuluh dari 100
HALAMAN BERIKUTNYA
0 comments:
Post a Comment