Mari kita akan melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran.
1. Bilangan Bulat
Bilangan yaitu suatu konsep dalam bidang matematika yang digunakan sebagai
pencacahan dan pengukuran.
Bilangan Bulat adalah himpunan
bilangan yang terdiri dari bilangan bulat negatif, nol dan bilangan bulat
positif.
Pada bagian ini, kita akan melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran.
1. Bilangan Bulat
Perhatikan garis bilangan di bawah ini!
Di kelas 4 SD, kita telah mempelajari tentang bilangan bulat. Bilangan bulat
meliputi bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan bilangan 0 (nol).
Perhatikan!
a. Bilangan bulat negatif ialah bilangan bulat yang terletak
di sebelah kiri angka 0 (nol).
Bilangan bulat negatif: -1, -2,-3, -4, -5, ...
b. Bilangan bulat positif ialah bilangan bulat yang terletak
di sebelah kanan angka 0 (nol).
Bilangan bulat positif: 1, 2, 3, 4, 5, ...
c. Angka 0 (nol) termasuk bilangan bulat.
Bilangan 0 (nol) tidak positif dan tidak negatif.
Bilangan 0 (nol) adalah bilangan netral.
d. Pada garis bilangan, letak bilangan makin ke kanan
makin besar dan makin ke kiri makin kecil.
e. Bilangan bulat meliputi:
Bilangan bulat genap: ... , -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, ...
Bilangan bulat ganjil: ... , -7, -5, -3, -1, 1, 3, 5, 7, ...
Perhatikan dengan seksama
Bilangan bulat dinyatakan dengan anak panah.
Perhatikan gambar berikut ini!
Anak panah tersebut menunjukkan bilangan-bilangan:
a = 3 b = -4
d = -5 e = 4
c = 6
f = -4
Anak panah ke kiri menunjukkan bilangan negatif.
Anak panah
ke kanan menunjukkan bilangan positif.
Adapun panjang anak panah
menunjukkan nilai bilangan.
Ayo Latihan Lagi teman
1. Salin dan lengkapi titik-titik dengan bilangan bulat yang tepat.
2. Jawablah dengan tepat!
a. Jika kita membilang loncat tiga-tiga dari 5 sampai -7, bilanganbilangan manakah yang disebutkan?
b. Jika kita membilang loncat lima-lima dari 38 sampai -12, bilangan-bilangan bulat negatif manakah yang disebutkan?
c. Jika kita membilang loncat tujuh-tujuh dari -19 sampai 23, bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?
d. Jika kita membilang loncat enam-enam dari 54 sampai -24,
1) apakah semua bilangan yang disebutkan bilangan bulat genap?
2) bilangan bulat negatif manakah yang terkecil disebutkan?
3) bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?
3. Gunakan garis bilangan untuk mengisi soa-soal di bawah ini!
a. n < -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .
b. n > -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .
c. - 8 < n < 8, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .
d. -6 < n < 9, n bilangan bulat genap. n = . . . .
e. -10 < n < 10, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .
4. Gunakan garis bilangan untuk menjawab soal-soal berikut!
a. 5 satuan sebelah kanan titik -2.
b. 9 satuan sebelah kiri titik 3.
c. 10 satuan sebelah kanan titik -7.
d. 12 satuan sebelah kiri titik 5.
e. 8 satuan sebelah kanan titik -13.
5. Tulis bilangan-bilangan yang ditunjukkan anak panah di bawah ini.
Halaman Berikutnya
a. Jika kita membilang loncat tiga-tiga dari 5 sampai -7, bilanganbilangan manakah yang disebutkan?
b. Jika kita membilang loncat lima-lima dari 38 sampai -12, bilangan-bilangan bulat negatif manakah yang disebutkan?
c. Jika kita membilang loncat tujuh-tujuh dari -19 sampai 23, bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?
d. Jika kita membilang loncat enam-enam dari 54 sampai -24,
1) apakah semua bilangan yang disebutkan bilangan bulat genap?
2) bilangan bulat negatif manakah yang terkecil disebutkan?
3) bilangan bulat positif terkecil manakah yang disebutkan?
3. Gunakan garis bilangan untuk mengisi soa-soal di bawah ini!
a. n < -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .
b. n > -5, n bilangan bulat negatif. n = . . . .
c. - 8 < n < 8, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .
d. -6 < n < 9, n bilangan bulat genap. n = . . . .
e. -10 < n < 10, n bilangan bulat ganjil. n = . . . .
4. Gunakan garis bilangan untuk menjawab soal-soal berikut!
a. 5 satuan sebelah kanan titik -2.
b. 9 satuan sebelah kiri titik 3.
c. 10 satuan sebelah kanan titik -7.
d. 12 satuan sebelah kiri titik 5.
e. 8 satuan sebelah kanan titik -13.
5. Tulis bilangan-bilangan yang ditunjukkan anak panah di bawah ini.
Halaman Berikutnya
0 comments:
Post a Comment