Latihan Soal-Soal SD Kelas VI Bahasa Indonesia
Pelajaran 1 Apa Hobimu?
- Mendengarkan Cerita dan Menentukan Tema dan Amanat
- Menyampaikan Pesan/Informasi
- Membaca dan Menanggapi Rubrik Khusus
- Mengisi Formulir
- Rangkuman
- Refleksi
- Mari, Menguji Kemampuanmu
Sebelum Belajar Mari Bedoa dulu!!!
I. Pilihlah dengan cara menyilang (X) pada salah satu huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang tepat!
1. Hobi berasal dari bahasa
Inggris, hobby artinya kegemaran
atau kegiatan yang dilakukan pada waktu senggang. Hobi seseorang
tidak harus sama dengan hobi
anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak, atau adik. Hobi seseorang
biasanya tidak beda jauh dengan hobi
orang-orang terdekat. Hobi biasanya
terbentuk oleh lingkungan. Misalnya
bapak atau ibunya seorang penulis,
biasanya anaknya mempunyai hobi
membaca, menulis, atau menggambar.
Pada kutipan di atas manakah pokok
pikiran yang tepat?
a. Hobi seseorang tidak harus
sama.
b. Hobi berasal dari bahasa Inggris
yang berarti kegemaran atau
kegiatan.
c. Hobi biasanya terbentuk oleh
lingkungan.
d. Hobi seseorang tidak beda jauh
dari orang-orang terdekat.
2. Tanggapan terhadap isi bacaan pada
nomor 1 di atas yang benar adalah ....
a. Hobi orang tua akan selalu menurun kepada anak-anaknya.
b. Hobi tidak akan mendukung
kehidupan masa depan anak
sehingga tidak penting.
c. Hobi tidak perlu dibicarakan
karena kelak akan muncul
dengan sendirinya.
d. Hobi tidak bisa dipaksakan kepada
anak, tetapi hobi bisa dibina
melalui lingkungan keluarga.
3. Hobi berasal dari kata ....
a. hobbi c. hoby
b. hobby d. hobi
4. Siska seorang filatelis. Filatelis
adalah ....
a. orang yang suka membeli
prangko di toko
b. sebutan untuk penjual prangko
c. nama seri sebuah prangko
d. orang yang gemar mengumpulkan prangko
5. Numismatis adalah hobi mengoleksi
....
a. perangko c. barang antik
b. mata uang d. bendera kuno
6. Berdasarkan bahannya, mata uang
dibagi menjadi 2 yaitu ....
a. uang kertas dan perak
b. uang kertas dan logam
c. uang kertas dan uang giral
d. uang kertas dan uang kartal
7. Hobi berikut yang harus dilakukan
dalam sebuah tim adalah ....
a. menulis c. menggambar
b. sepak bola d. bermain piano
8. Si Dul pergi memancing.
Si Dul pulang dari sekolah.
Kata penghubung yang tepat untuk
menggabungkan kedua kalimat di
atas adalah ....
a. meskipun c. setelah
b. maka d. dan
9. Pada waktu mendengarkan cerita,
kita harus mengetahui ....
a. tema dan penulis
b. tema dan amanat
c. tema dan setting
d. seting dan amanat
10. Pada waktu mendaftar menjadi
anggota suatu perkumpulan, kita
harus mengisi ....
a. formulir c. buku tamu
b. kuitansi d. buku harian
II. Kerjakan soal-soal berikut ini!
1. Bacalah bacaan di bawah ini, lalu buatlah tanggapan terhadap isi bacaan!
Musik Membuatku Tenang
Livia Angelica Gunawan (8 tahun), kelas II SD
Taman Rama, Denpasar
Aku suka sekali menggesek biola. Waktu
masih di taman kanak-kanak, Mama pernah
menawariku belajar piano, tetapi aku tetap memilih
biola karena kelihatan lebih keren. Sudah dua
tahun ini aku belajar di Bavisch.Ternyata
menggesek biola itu susah, dan yang bikin aku
kadang bosan karena aku sering enggak bisa tepat
saat menekan not-not tertentu.
Tetapi ada keasyikan tersendiri dalam
memainkan biola.
Sudah banyak lagu yang aku kuasai,
bahkan aku pernah ikut konser untuk amal.
Seru deh! Kalau sudah latihan rutin untuk
konser, aku paling bingung membagi waktu
untuk pelajaran sekolah.
Jadwalku jadi penuh sekali sampai lelah
rasanya. Selain biola, aku pengin belajar alat
musik gitar rock’n roll. Itu lho biar mirip dengan
pemain gitar keren yang model gitarnya beda
sama gitar biasa. Walaupun suka menyanyi
dan main biola, aku belum tahu kalau sudah
besar mau jadi apa?
Glenn Filbert Lianto (9 tahun), Kelas III SD
Kristen Petra 10 Darmo Harapan, Surabaya
Aku paling tertarik menekan tuts-tuts
piano. Awalnya banyak kesulitan yang aku hadapi. Tetapi setelah mulai mengenal notnot dan menguasai beberapa lagu, aku jadi
benar-benar suka musik. Apalagi aku bisa
sekalian belajar menyanyi. Aku cepat bosan
kalau harus berlatih lagu yang sulit dan harus
diulang beberapa kali. Sudah setahun ini aku
belajar piano.
Kebetulan Mamaku guru piano, jadi aku
enggak perlu jauh-jauh karena kursusnya di
rumah. Berhubung Mama yang mengajar,
waktu les bisa diatur kapan saja. Kalau bosan
dengan lagu yang sulit, Mama selalu memberi
aku semangat. Eh, walaupun diajar Mama
sendiri, disiplin tetap tinggi.
Aku juga ingin belajar gitar. Keren sih. Tetapi
aku enggak punya cita-cita jadi musisi terkenal.
Aku malah pengin jadi desainer mobil
atau otomotif. Enggak nyambung sama dunia
musik ya.
Sandersan Onie (13 tahun), Grade VII
Sekolah Tunas Muda Meruya Campus,
Jakarta
Bagiku, musik bisa membuatku tenang
dan membantuku melarikan diri sejenak dari
keramaian di sekitarku. Aku paling suka musik
pop yang slow dan bikin rileks, seperti musik
Jepang yang mengalir lembut. Sudah sekitar
satu setengah tahun ini aku belajar drum dan
gitar di Yamaha Sincere Pondok Indah. Aku
paling tertarik dengan gitar karena bagiku ini
alat musik yang paling fleksibel untuk
dimainkan dan sangat membutuhkan jari-jari
yang terlatih. Kebosananku muncul saat aku
harus belajar lagu yang sama berulang-ulang
sampai aku menguasainya.
Musik memberi manfaat bagus buatku.
Selain bisa mengasah bakat musikku dan
membuatku lebih santai, aku juga bisa tampil
di beberapa konser musik. Saat ini aku sedang
mempersiapkan diri untuk konser drum dan aku
juga memetik gitar pada band di sekolahku.
Aku punya impian jadi pianis atau violis terkenal
lho, karena aku bisa bikin banyak orang
gembira dengan musik yang aku mainkan.
Sumber: Kompas, Minggu, 23 April 2006
2. Buatlah tiga kalimat anjuran yang berhubungan dengan hobi!
3. Tentukan tema dan amanat cerita “Rama Harimau” di bawah ini!
Rama Harimau
Di sebuah hutan rimba hiduplah seekor
harimau besar yang dijuluki Rama Harimau.
Rama Harimau terkenal sangat bijaksana
dan baik hati. Meskipun ia dikenal sebagai
hewan yang kuat, tetapi ia tidak sombong
dengan kelebihannya itu. Karena itulah ia
dipilih sebagai pemimpin seluruh binatang
di hutan.
Rama Harimau mempunyai putra
namanya si Loreng. Tidak seperti Rama
Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan
juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si
Loreng dibenci binatang di hutan. Selain
sangat jahil, dia juga sangat sombong. Sering
si Loreng menindas binatang yang ada di
hutan. Suatu hari si Loreng menemukan
sarang semut merah. Segera sarang semut
itu ia tutup menggunakan batu.
”Biar saja semut itu mati, lagipula para
semut memang terlalu lemah untuk hidup”,
kata si Loreng dengan sombong.
”Di mana-mana yang kuat akan selalu
dapat bertahan hidup”, lanjutnya.
Namun si Loreng tidak tahu kalau
semut merah itu selamat dan mengadukan
perbuatan si Loreng ke Rama Harimau.
Begitu si Loreng pulang, Rama Harimau
langsung menegurnya dengan sangat keras.
”Maafkan Loreng, Rama. Loreng
berjanji tidak akan mengulangi perbuatan
seperti itu lagi.”
”Rama memaafkan kau, Loreng. Tapi
kau harus dihukum atas kesalahan yang
telah kau lakukan.” kata Rama Harimau. Si
Loreng hanya mengangguk pasrah.
Esoknya, dengan disaksikan seluruh
penghuni hutan, Rama Harimau menghukum
si Loreng. Ia harus masuk ke dalam sebuah
gua dalam waktu tiga hari dan pintu guanya
akan ditutup dengan batu. Rama Harimau
berharap putranya itu dapat merasakan
penderitaan yang pernah dialami semut merah. Rama Harimau juga berharap agar
putranya dapat mengubah sikap buruknya.
Dengan dihukumnya si Loreng, para
binatang di hutan semakin menghormati
Rama Harimau. Tindakan Rama Harimau
mencerminkan kebijaksanaannya. Meskipun
yang bersalah anaknya sendiri, ia tidak
segan-segan menghukumnya dengan
hukuman setimpal. Setelah menjalani
hukuman, watak si Loreng mulai berubah.
Ia tak lagi sombong dan jahil. Kini ia mulai
meneladani sikap Rama Harimau, ayahnya.
Oleh: Winda Putri Ayuning Tyas
Sumber: Kedaulatan Rakyat
4. Buatlah ringkasan dari cerita di atas dengan kata-katamu sendiri!
5. Isilah kartu anggota perpustakaan umum di bawah ini sesuai dengan data dirimu
masing-masing!
Thank you Udah Mamper di Blog Saya
0 comments:
Post a Comment