Wednesday, February 13, 2019

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan  

Perkembangan Manusia


Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh faktor:

1. Makanan Bergizi
Makanan empat sehat lima sempurna

       Kita perlu makan makanan yang bergizi. Makanan bergizi dibutuhkan bagi pertumbuhan manusia. Kita harus makan teratur dan seimbang.
       Anak yang kekurangan gizi akan mudah sakit. Ia menjadi lesu dan kurang bersemangat. Kita harus makan makanan bergizi lengkap. Makanan tersebut dinamakan empat sehat lima sempurna.              Kamu tentu pernah mendengar istilah empat sehat lima sempurna. Tahukah kamu apa maksudnya? Makanan empat sehat lima sempurna mengandung seluruh zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan tersebut terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu.

2. Kesehatan
       Tidak ada orang yang ingin sakit. Jika tubuh sehat kita dapat belajar. Kita juga dapat bermain. Tubuh yang sehat dapat tumbuh dengan baik. Coba perhatikan anak yang sering sakit. Tubuhnya kurus dan lemah. Perkembangannya akan terganggu. Jadi jagalah selalu kesehatanmu.

3. Istirahat yang cukup
       Jika tubuhmu terasa lelah maka beristirahatlah. Setelah istirahat tubuh akan segar kembali. Tidur adalah cara istirahat yang terbaik. Saat tidur otot-otot tubuh akan mengendur. Jadi setelah bangun, tubuh menjadi segar kembali.
       Anak seusiamu perlu tidur 8–10 jam sehari. Jika kurang tidur kamu akan mengantuk. Kamu tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Jadi jangan tidur terlalu malam. Sebaiknya kamu juga tidur siang.

4. Rekreasi
           Pernahkah kamu rekreasi? Rekreasi tidak harus ke tempat yang jauh. Coba rekreasilah ke pegunungan. Udara di daerah pegunungan sejuk dan segar. Pemandangannya indah. Rekreasi akan menghilangkan rasa jenuh dan lelah. Setelah rekreasi pikiran akan kembali segar.
           Negara kita memiliki banyak tempat wisata. Negara kita memang indah. Keindahannya terkenal hingga manca negara. Ada Danau Toba, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis. Dan ada juga Pulau Bali.

5. Berolahraga secara teratur
         Kita perlu berolahraga secara teratur. Dengan olahraga badan menjadi sehat dan kuat. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah. Olahraga juga membuat otot tubuh lentur dan kuat. Orang yang rajin berolahraga tubuhnya selalu sehat. Tubuhnya tidak mudah diserang penyakit.
         Olahraga tidak harus mengeluarkan biaya. Kamu dapat olahraga lari atau senam. Sudahkah kamu berolahraga secara rutin?

Pertumbuhan Hewan

Coba perhatikan gambar ayam di bawah. Bagaimana pertumbuhan yang terjadi pada ayam?
       Ayam tumbuh dari telur. Telur menetas menjadi anak ayam. Anak ayam tumbuh makin besar. Anak ayam terus berkembang hingga dewasa.
       Semua hewan mengalami pertumbuhan. Namun pertumbuhan hewan berbeda-beda. Ada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk. Adapula hewan yang mengalami perubahan bentuk.
       Pertumbuhan ayam tidak mengalami perubahan bentuk. Anak ayam sudah menyerupai induknya. Lama kelamaan anak ayam menjadi dewasa. Begitu juga dengan kucing, kambing, dan burung. Hewan-hewan tersebut tidak mengalami perubahan bentuk.
       Ada hewan yang mengalami perubahan bentuk. Contohnya katak. Telur katak menetas menjadi berudu. Berudu hidup di dalam air. Setelah beberapa lama, berudu mulai menyerupai katak. Perubahan bentuk tubuh ini disebut metamorfosis. Hewan lain yang mengalami metamorfosis adalah kupu-kupu.


Pertumbuhan Tanaman

            Pertumbuhan tanaman terjadi pada semua bagian tubuhnya. Ada akar, batang, dan daun. Akar tumbuh setelah beberapa hari biji ditanam. Akar menyerap zat-zat yang dibutuhkan tanaman. Zatzat ini dibutuhkan untuk pertumbuhan. Kemudian tumbuhlah batang dan daun. Batang pertama tumbuh dari dalam biji. Batang ini kecil. Kemudian batang bertambah panjang dan besar. Pertumbuhan batang diikuti pertumbuhan daun. Pertumbuhan daun diawali dengan kuncup daun. Kemudian kuncup mekar menjadi daun. Perhatikan gambar di bawah ini.
Tanaman di sekitar kita tumbuh setiap hari. Batangnya semakin besar dan tinggi. Daunnya semakin banyak. Tanaman dapat menghasilkan bunga. Ada tanaman yang menghasilkan buah. Buah ini dapat kita makan. Contohnya tanaman mangga dan rambutan.

Hal Berikutnya Ujian Evaluasi (Sontoh Soal) 

0 comments:

Post a Comment