Friday, February 8, 2019

Perubahan pada Makhluk Hidup

Ingat kembali ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk hidup dapat tumbuh. Makhluk hidup berubah dari waktu ke waktu. Apa saja perubahan itu? Apakah faktor-faktor yang memengaruhinya? Mari kita pelajari lebih lanjut.

              Tubuh tidak hanya tumbuh tetapi juga berkembang. Ketika bayi, manusia tidak dapat berbicara. Setelah besar, manusia dapat berbicara. Ketika sudah besar, manusia akan berubah menjadi sosok yang dewasa. Cara berbicara pun tidak seperti anak-anak, melainkan sudah seperti orang dewasa.
                Manusia juga  mengalami perubahan raut wajah dan suara. Raut wajah bayi berbeda dengan raut wajah orang dewasa. Meski demikian masih ada kemiripan. Suara kita juga berubah. Bandingkan suaramu dengan suara ayahmu. Rambut juga mengalami perubahan. Rambut akan terus tumbuh memanjang. Warna rambut juga akan berubah.
Rambut hitam berubah menjadi putih.

A. Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

Pak Wawan adalah seorang satpam. Usia Pak Wawan 30 tahun. Pak Wawan bertubuh tinggi besar. Perhatikan gambar di bawah ini.
          Berat badan Pak Wawan saat dilahirkan 4 kilogram. Panjang tubuhnya 50 cm. Sekarang Pak Wawan berumur 30 tahun. Berat badan Pak Wawan 75 kilogram. Tinggi badan Pak Wawan sekarang 170 cm. Berat badan Pak Wawan bertambah 71 kilogram. Tinggi badan Pak Wawan bertambah 120 cm. Tubuh Pak Wawan berubah karena tumbuh. Bagaimana dengan dirimu, apakah juga tumbuh?

         Saat bayi, kita belum bisa berdiri. Tulang dan otot bayi masih lemah. Otot kita terus tumbuh semakin kuat dan panjang. Saat berumur 4 tahun kita sudah lincah berjalan dan berlari.

        Sekarang kamu sudah kelas 3 SD. Umurmu kira-kira antara 8–9 tahun. Tangan dan kakimu sudah dapat melakukan berbagai kegiatan. Contohnya menulis, menyapu, dan bermain sepak bola. Tinggi dan berat badanmu akan terus bertambah. Pertumbuhan ini terjadi hingga kamu dewasa.

          Tubuh tidak hanya tumbuh tetapi juga berkembang. Kita mengalami perubahan raut wajah dan suara. Raut wajah bayi berbeda dengan raut wajah orang dewasa. Meski demikian masih ada kemiripan. Suara kita juga berubah. Bandingkan suaramu dengan suara ayahmu.

         
Rambut juga mengalami perubahan. Rambut akan terus tumbuh memanjang. Warna rambut juga akan berubah. Rambut hitam berubah menjadi putih. Cobalah perhatikan warna rambut kakek atau nenekmu. Warna rambut mereka sudah memutih.

Hal Berikutnya Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

0 comments:

Post a Comment